5 Web Framework Untuk Backend Terbaik 2022

Web Application Framework atau singkatnya Web Framework adalah suatu kerangka kerja yang dibuat dengan menggunakan bahasa asli dari pemrograman tertentu yang dirancang untuk mempermudah penulisan kode program termasuk juga dalam pemrograman web.

Begitu banyak framework pemrograman web yang tersedia yang bisa kita gunakan, sampai saat ini jumlah web framework meningkat sangat pesat, namun pada artikel ini kita akan membahas sisi backend, atau bagian yang memproses data atau menerjemahkan data agar dapat mudah dipahami dan akan di oleh ke bagian yang menampilkan data tersebut (frontend).

Dari begitu banyak framework yang tersedia, berikut ini adalah pilihan backend framework yang bisa kamu gunakan atau bisa menjadi pilihan kamu kedepan untuk improvisasi kemampuan.

1. Laravel

Laravel adalah framework PHP yang dibuat oleh Taylor Otwell pada tahun 2011, sama seperti semua framework modern lainnya, Laravel juga menggunakan konsep arsitektur MVC. Laravel sendiri menjadi salah satu framework PHP yang paling konsisten dan selalu berkembang, diluar dari framework itu sendiri, Laravel telah membangun ekosistem yang lengkap dan komunitas yang besar.

2. Express

Express atau Expressjs adalah framework yang sederhana dan fleksibel, Express adalah framework web app yang dibangun menggunakan Node.js yang ditulis dengan bahasa pemrograman JavaScript. Dibuat oleh TJ Holowaychuk pada tahun 2010 sampai saat ini dan berkembang sangat luas dan memiliki jaringan komunitas yang luas diseluruh dunia.

3. Django

Django adalah framework web yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman Python. Django dibuat pada tahun 2003 oleh Simon Wilison dan Adrian Holovaty, dimana pada tahun 2015 Python sendiri merupakan bahasa pemrograman yang paling populer, dan sampai saat ini banyak perusahaan besar sampai beberapa sosial media masih menggunakan Django.

4. Ruby on Rails

Ruby on Rails diklaim menjadi framework web yang sangat produktif, dimana proses pengembangan dirumorkan 10 kali lebih cepat daripada menggunakan bahasa pemrograman lainnya. Dibuat oleh David Heinemeier Hansson pada tahun 2004, Ruby on Rails berkembang begitu pesat dan banyak juga digunakan oleh perusahaan besar seperti AirBnb, Shopify, Github.

5. ASP.NET

ASP.NET atau di baca ASP dot NET adalah salah satu framework aplikasi web yang dikembangkan oleh salah satu perusahaan raksasa teknologi didunia, yepp Microsoft. Framework ini memiliki kemampuan untuk menangani kinerja yang tinggi dan ringan untuk membangun sebuah aplikasi berbasis web.

Demikianlah 5 rekomendasi web framework terbaik 2022 yang bisa kamu gunakan untuk proyek kamu, atau untuk belajar dan menambah kemampuan pemrograman di bidang web development. Jika ada framework lain yang bagus menurut kamu, silahkan tulis dikolom komentar ya.

Komentar

Selamat, anda berkesempatan menjadi komentator pertama di artikel ini. Punya pertanyaan atau saran? Silahkan tinggalkan komentar untuk memulai diskusi.
Terima kasih telah memilih untuk meninggalkan komentar. Harap diingat bahwa semua komentar dimoderasi sesuai dengan kebijakan, dan informasi anda TIDAK akan dipublikasikan. Harap JANGAN gunakan kata kunci di kolom nama. Mari kita buat diskusi yang menarik dan bermakna.

Tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.